PESAN HIDUP

Suci itu mempunyai tiga aspek
1. Benar
2. Baik
3. Indah

Wejangan Guru q :
1. Donyo titipan
2. Pangkat sampiran
3. Ojo Dumeh
4. Opo Jare .....

Jangan tinggalkan ...
1. Sholat berjama'ah, zikir dan do'a
2. Baca dan pahami Al Qur'an
3. Shilaturrohimm dan ber Iman yang kamil (lidah, hati dan perbuatan).

Hukum samsara :
1. Lahir
2. Dewasa
3. Sakit
4. Mati

Wahai Pencari Ilmu ...
1. Siapa Taat akan bermanfaat
2. Siapa Tirakat akan mendapat derajat
3. Siapa Ma'siyat akan mendapat kuwalat

4 Pengetahuan :
1. Pengetahuan Indriya
2. Pengetahuan Ilmu
3. Pengetahuan Filsafat
4. Pengetahuan Diin

6 Kecenderungan manusia, manusia yang ... :
1. Teoritis yaitu pencari kebenaran
2. Ekonomis yaitu selalu menilai dengan pertimbangan untung rugi.
3. Estetis yaitu manusia pencari dan pelaksana keindahan
4. Sosial yaitu mengabdikan diri untuk orang lain
5. Politik yaitu cenderung meniti kekuasaan
6. Religius yaitu pencari rahasia alam semesta untuk mengabdi pada Allah.

4 Dasar Cinta ;
1. Saling mengerti
2. Saling percaya
3. Saling kerjasama
4. Saling mengungkap perasaan.

Manusia dengan sifat ilmunya itu terbagi ;
1. Orang yang tidak tahu kalau dirinya tidak tahu dan tidak mencari tahu / orang sesat zholim
2. Orang yang tidak tahu kalau dirinya tahu dan tidak mencari tahu / orang taklid tanpa dasar ilmu
3. Orang yang tahu kalau dirinya tidak tahu dan tidak mencari tahu / orang kufur
4. Orang yang tahu kalau dirinya tahu dan tidak memberi tahu yang lain / orang sombong penyembunyi kebenaran
5. Orang yang tahu kalau dirinya tahu dan memberi tahu yang lain / orang sadar

Manusia bijaksana :
1. Bersifat adil di dalam materi
2. Bersifat bijaksana dalam keputusan
3. Ulet dan tangguh dalam menghadapi penderitaan dan kesengsaraan hidup
4. Selalu menggunakan duit dan DUIT ( Do'a, Usaha, Istiqomah dan Tawaqal)

Tujuan Belajar Fisika agar peserta didik memiliki kemampuan :

1. Membentuk sikap positif terhadap fisika dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta  mengagungkan kebesaran Allah.
2. Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, obyektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama secara ilmiah
3. Mengembangkan pengalaman untuk dapat merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, merancang dan merakit instrumen percobaan, mengumpulkan, mengolah, dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
4. Mengembangkan kemampuan bernalar dalam berpikir analisis induktif dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip fisika untuk menjelaskan berbagai peristiwa alam dan menyelesaian masalah baik secara kualitatif maupun kuantitatif
5. Menguasai konsep dan prinsip fisika serta mempunyai keterampilan mengembangkan pengetahuan, dan sikap percaya diri sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ruang Lingkup Fisika 


Fisika di SMA/MA merupakan pengkhususan IPA di SMP/MTs yang menekankan pada fenomena alam dan pengukurannya dengan perluasan pada konsep abstrak yang meliputi aspek-aspek :
1. Pengukuran besaran, karakteristik gerak, penerapan hukum Newton, alat-alat optik, kalor, konsep dasar listrik dinamis, dan konsep dasar gelombang elektromagnetik
2. Gerak dengan analisis vektor, hukum Newton tentang gerak dan gravitasi, gerak getaran, energi, usaha, dan daya, impuls dan momentum, momentum sudut dan rotasi benda tegar, fluida, termodinamika
3. Gejala gelombang, gelombang bunyi, gaya listrik, medan listrik, potensial dan energi potensial, medan magnet, gaya magnetik, induksi elektromagnetik dan arus bolak-balik, gelombang elektromagnetik, radiasi benda hitam, teori atom, relativitas, radioaktivitas.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN FISIKA SMA
1.   Melakukan percobaan, antara lain merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data, menarik kesimpulan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
2.   Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara cermat, teliti, dan obyektif
3.   Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, kekekalan energi, impuls, dan momentum
4.   Mendeskripsikan prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor
5.   Menerapkan konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
6.   Menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah dan produk teknologi

Penting !
Tuntutlah ilmu, sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah Azza wajalla, dan mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah sodaqoh. Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya, dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di dunia dan di akhirat. (HR. Ar-Rabii’)
Barangsiapa ditanya tentang suatu ilmu lalu dirahasiakannya maka dia akan datang pada hari kiamat dengan kendali (di mulutnya) dari api neraka. (HR. Abu Dawud)

Saling berlakulah jujur dalam ilmu dan jangan saling merahasiakannya. Sesungguhnya berkhianat dalam ilmu pengetahuan lebih berat hukumannya daripada berkhianat dalam harta. (HR. Abu Na’im)

Orang yang paling pedih siksaannya pada hari kiamat ialah seorang alim yang Allah menjadikan ilmunya tidak bermanfaat. (HR. Al-Baihaqi)

di Kutip dari : http://sabdaislam.wordpress.com/2009/12/06/51-ilmu-pengetahuan-dan-kebodohan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar